Monday, August 18, 2008

Daur Ulang Kertas Bekas

Green world…..green world….!!!!

Pembaca setia SaripatiBisnis, kita ketemu lagi dalam topik yang sama yakni mengenai cara menghasilkan pendapatan dengan mengolah berbagai barang bekas yang sekilas sudah tidak berguna, dan sekaligus membantu membuat Bumi yang menjadi tempat hidup kita bersama ini menjadi lebih bisa tersenyum, dikala jutaan umat manusia yang lain membuat Ia menangis.

Kertas, saya pikir setiap dari kita selalu menggunakan barang yang satu ini bahkan mulai saat kita masih kanak-kanak. Entah untuk bikin lukisan yang seabstrak maestro Afandi, ataupun untuk bikin pesawat dan layang layang yang kita harap dapat menembus langit ketujuh kala itu. Dan setelah puas bermain, atau menggunakan benda satu ini untuk menulis atau mencetak, maka selanjutnya ia hanya akan menjadi sampah belaka. Sadarkah kita bahwa kertas itu dibuat dengan bahan dasarnya adalah kayu?....dan tentunya apabila kita bisa berhemat dengan kertas yang ada, maka kita akan mengurangi terhadap penebangan pohon yang memberikan kita suplai oksigen selama ini. Dan salah satu sebab maraknya pembalakan liar atas hutan, itu karena mereka tergiur akan besarnya nominal yang bisa diperoleh untuk dijadikan pulp (bubur kertas) …dan kenapa itu terjadi…karena demand (permintaan) akan komoditi kertas yang amat tinggi.

Apabila kita bisa mengolah kembali sampah-sampah kertas yang ada disekitar kita, maka tentu akan membawa dampak positif terhadap lingkungan, selain juga memberikan pemasukan financial. Mari kita bahas , bagaimana limbah kertas ini dapat kita olah menjadi kertas daur ulang yang dapat kita manfaatkan menjadi barang-barang seperti undangan, sampul block note, notepad, hiasan dinding, mainan anak dan barang-barang lain yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

Pengerjaan kertas daur ulang ini sebenarnya tidaklah rumit, hanya butuh kesabaran dan ketelatenan …yuk kita bahas satu-persatu..mulai dari persiapan peralatan & bahan, proses pembuatan, pewarnaan dengan bahan-bahan yang “one hundred percent safety & natural”, serta tips dan cara pemberian motif kertas.




Harga Ebook : Rp 50.000
( Untuk Membeli, Silakan Klik Disini )

No comments: